Friday, March 3, 2006

Sabar

SABAR
Mawlana Syaikh Nazim Haqqani Mercy Oceans : Lovestreams


Kapanpun kita tujukan hati kita pada Tuhan Yang Maha Kuasa, kita akan tenggelam dalam kedamaian. Namun saat kita berpaling dari-Nya, kita akan terpuruk di sebuah dasar yang curam dan gelap penuh ular, kalajengking serta laba-laba.

Grandsyaikh (Daghestani) pernah mengatakan padaku tentang seorang pria yang selalu terganggu oleh lingkungan sekitarnya, dia merasa mereka selalu mengganggu ketenangan pikirannya. Suatu hari ketika dia menjadi sangat gerah, lelaki itu memutuskan untuk meninggalkan segalanya dan menjadi pertapa. Setelah beberapa hari mencari-cari gua yang sesuai , akhirnya dia menemukan sebuah gua di suatu pegunungan yang sunyi. Katanya, 'Akhirnya aku berada dalam kedamaian. Tak seorangpun tahu aku berada di sini.'
Begitu dia mengatakan hal itu pada diri sendiri, seseorang melewati bukit di bawahnya, memandang ke atas pegunungan dan menemukan sebuah batu indah persis di sebelah guanya. 'Aku harus memiliki batu yang berwarna-warni itu.' Lalu mulailah dia menaiki gunung itu untuk mencapai batu yang dia inginkan. Tak ! tak ! Tak !
Lelaki yang berada di dalam gua sangat jengkel ketika mendengar ada pendaki mendekat, 'Ya Tuhanku, kucoba menjauh dari orang-orang itu, tapi mengapa Engkau kirimkan seperti ini! begitu banyak gunung di sana, mengapa Engkau kirimkan dia ke sini?' Tak seorangpun bisa terbebas dari ketidaknyamanan hidup ini, sebagaimana sabda Nabi saw, 'Tidak ada istirahat di dunia ini.' Kalian mungkin hidup di kota atau di desa, bahkan di lereng pegunungan - namun semua yang kalian temui dalam hidup ini membuat kalian tidak bisa beristirahat. Kita diminta bersabar dalam menghadapi situasi seperti ini, karena 'Siapa yang sabar akhirnya akan sukses.' Allah mengirimkan berbagai ujian dan beban sesuai kapasitas kita.


Kita akan diminta membawa beban-beban menurut kadar kekuatan iman kita. Di masa kita ini, mereka yang beriman harus siap dengan berbagai beban sampai batas kapasitas hakiki mereka. Karena bagi yang buta secara spiritual akan menjadikan kehidupan orang-orang yang beriman menjadi sesulit mungkin.

No comments: