Tuesday, September 20, 2005

Hidup dan Bersyukurlah dengan Cara yang Terbaik

HIDUP DAN BERSYUKURLAH DENGAN CARA YANG TERBAIK
Syaikh Nazim Al-Qubrusi Al-Haqqani
Power Oceans of Love

Ada orang-orang suci yang membutuhkan kekuatan fisik dan ada pula yang tidak membutuhkannya. Waktu Grandsyaikh kita berada dalam khalwat, istrinya Halima membawakan beliau semangkuk sup yang dimasukkan lewat pintu dan ditinggalkan di sana. Sehari kemudian di ketahui bahwa sup itu belum dimakan. Kejadian itu berulang sampai 10 hari kemudian, sup yang di sediakan tidak pernah disentuh oleh Grandsyaikh Abdullah. Istri beliau menemui Syaikh Sharafuddin sambil mengatakan : “ Apapun yang kusediakan, tidak disentuhnya.” Lantas Syaikh Sharafuddin ( guru Grandsyaikh Abdullah ) menulis sepucuk surat sambil mengatakan, “ Jangan katakan apapun, berikan surat ini padanya.”

“Abdullah Effendi, aku tahu engkau mampu hidup tanpa makan sampai kiamat nanti. Engkau mempunyai kekuatan surgawi dan tidak akan pernah merasakan lapar. Manusia normal akan merasakan sakit di perut kalau mereka tidak makan, aku tahu engkau tidak merasakan hal itu. Namun sekarang aku perintahkan engkau untuk makan sebagaimana manusia biasa, agar engkau lebih banyak bersyukur daripada orang-orang yang lain. Jadi makan dan minumlah serta bersyukurlah pada Allah Yang Maha Kuasa !”

Setelah adanya perintah itu, beliaupun makan dan minum. Adalah penting bagi mukmin untuk makan dan minum sebaik yang mereka mampu. Mereka seharusnya makan makanan terbaik sehingga mampu lebih bersyukur dengan cinta kasih. Karena ketika ego mereka puas, merekapun mempunyai rasa cinta kasih yang lebih.
Jika kalian bisa melakukannya, maka lakukanlah. Grandsyaikh kita Shah ul Naqsyband pernah berkata, “ Murid-muridku, kalian harus mencoba makanan terbaik, minum dari minuman yang terbaik dan mengenakan pakaian terbaik dan bersyukur dengan cara yang terbaik ! Itulah Thariqatku !”

Karena Allah Yang Maha Kuasa menciptakan apapun bagi kepentingan hamba-hamba-Nya. Hamba-hamba-Nya harus menggunakannya dan bersyukur. Makan yang terbaik dan lakukan yang terbaik. Itulah thariqat Naqsybandi. Pakailah pakaian yang terbaik dan bersyukur dengan cara yang terbaik. Hiduplah dengan cara terbaik dan beribadahlah pada Allah.

Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad saw mengatakan : "Allah menyukai ketika melihat hamba-hamba-Nya menggunakan nikmat yang diberikan-Nya. Jika kalian diberi kesempatan, makanlah, letakkan di atas meja apapun yang terbaik yang Allah anugerahkan pada kalian. Sediakan makanan terbaik di atas meja untuk dimakan dan juga berikan makanan terbaik pada yang lain. Kenakan pakaian terbaik dan juga berikan pakaian yang terbaik pada yang lain. Hiduplah dengan cara yang terbaik dan bersyukurlah dengan cara yang terbaik !”


Diterjemahkan oleh Dyah Novita

No comments: